Tips Menulis dan Kata-kata Orang

Banyak sekali kawan-kawan kita yang sibuk mencari-cari teknik dan tips-tips menulis. Sedangkan dia sendiri belum pernah menyelesaikan ceritanya.

Begitu banyaknya kawan-kawan kita yang bertanya demikian hingga seorang penulis mengeluarkan twett yang berbunyi : Tidak ada tips menulis, kecuali mulailah menulis sekarang juga.

Sebenarnya memang ada teknik-teknik dan tips-tips semacam itu. Tapi sangat tidak bagus jika kita hanya mengurusi teori saja tanpa berlatih menulis langsung.
Sedangkan yang membuat kita lihai dalam mengolah kata dan rasa sebenarnya adalah pelatihan secara langsung. Bentuk pelatihan ini-pun bisa secara otodidak atau kursus atau yang lain.

Dan jika kawan-kawan benar-benar kosong dan tidak memiliki ide untuk menulis, berikut saya hadirkan teknik menulis cerita dasar beserta tips-tipsnya.
Ada dua komponen dasar dalam sebuah cerita, yaitu Tokoh dan Kejadian.

Jadi pertama : Buatlah sesosok tokoh.

Tips = Buatlah tokoh yang unik dan karakternya terlihat jelas.

Ke-dua : Buat kejadian. Buatlah serangkaian kejadian yang saling menyambung dan berkesinambungan yang pastinya bakal dihadapi si tokoh yang sudah kawan buat di atas.

Tips : Buatlah kejadian yang memberikan kesan berbeda bagi pembaca. Bisd dikombinasikan dengan pemihan sudut pandang, latar tempa atau waktu dan lainnya.

Oke, silahkan mulai menentukan tokoh dan kejadian-kejadian yang bakal dia hadapi.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menulis dan Kata-kata Orang"

Baca Juga Artikel Lainnya