Menjadi Penulis, Rahasia Sukses Para Penulis Novel Besar

Percaya Diri. Itu intinya. Langsung saya beri jawaban di awal. Biar tidak penasaran nih, para pembacanya.

Kenapa Percaya Diri?
Tahu tidak kalau novel-novel besar yang best seller itu ternyata juga banyak mengandung kekurangan. Saya sendiri sudah memeriksanya. Dulu waktu SMA saya tidak begitu memperhatikan teknikal kepenuilisan semacam ini. Tapi setelah membaca dan membaca, sampai penjaga perpustakaan kota bosen lihat muka saya yang culun merunduk melewati pintu masuk ruang perpus, lama-lama saya bisa membandingkan mana sastra yang plotnya benar-benar alamiah, mana yang melompat-lompat, mana yang kaku, mana yang gemulai mengikuti angin cerita dan sebagainya. Jadi ternyata banyak kok dari mereka yang memiliki kekurangan dalam kepenulisan, tapi mampu menghasilkan tulisan yang bisa menghibur dan mencerahkan masyarakat banyak.

Memang kamu siapa kok berani-beraninya menilai seperti itu?
Sebelumnya saya minta maaf deh. Sampai saat saya menulis tulisan ini, saya masih belum menghasilakn satupun karya novel, tapi sudah berani menilai-nilai penulis besar. Tapi bukan sebuah kekeliruan lho kalau saya berlogika dan akhirnya mendapatkan kongklusi seperti yang sudah saya tulis di atas. Saya juga tidak asal-asalan membandingkan. Saya juga melihat latar belakang penulisnya. Ada yang penulis itu kelihatannya sangat menonjolkan amanat hingga plot ceritanya agak kedodoran. Dan jika memang masih salah, saya tidak akan menyesal. Saya sedang belajar menganalisa.

Lalu apa yang mau kamu sampaikan?
Akhir dari yang ingin saya sampaikan sebenarnya, jangan pesimis dan merasa tidak pantas untuk mulai menulis. Jika mereka yang masih memiliki kekurangan saja sudah bisa menjadi Penulis Besar dengan kerya besar mereka, maka kita juga pantas memperjuangkan diri kita untuk ikut serta menghasilkan karya-karya kita. Kembali kuncinya adalah Kepercayaan diri. Kita dan para penulis besar itu sama saja, banyak memiliki kekurangan. Tapi mereka berani dan Percaya bahwa mereka pantas untuk memperjuangkan kepenulisannya. Sambil berjalan, jika kita terus menulis dan menulis, maka tulisan kita akan semakin membaik dengan sendirinya. Jadi, masalahnya hanyalah kita mau apa tidak untuk memulai menulis sekarang dan akan menulis terus untuk mendapatkan kualitas yang baik nantinya.


Pilihan ada di tangan kamu. Selamat menulis ya..

Related Posts:

0 Response to "Menjadi Penulis, Rahasia Sukses Para Penulis Novel Besar"

Baca Juga Artikel Lainnya