Menulis Cerita Seperti Menulis Resep Makanan Part.2

Posting ini sambungan dari postingan saya Menulis Cerita Seperti Menulis Resep Makanan Part.1. Jika anda belum membacanya, silahkan dibaca-baca dulu sebelum membaca postingan berikut.


Ke-dua. Memasak.
Nah, disinilah kita akan memulai kegiatan memasak kita. Silahkan mulai panasi kompor anda dan letakkan penggorengan diatasnya. Kita mulai..

Dalam acara-acara memasak di TV, pembawa acara yang biasanya adalah chef terkenal akan memperagakan sambil menjelaskan cara memasak suatu jenis makanan. Dalam buku-buku resep juga penulis akan menuliskan tahap demi tahap memasak menu yang telah dituliskan sebagai judul. Maka di dalam menulis cerita, kali ini kita akan mulai memanaskan cerita dengan konflik-konflik dan ketegangan cerita karangan kita. Bahan-bahan sudah kita sediakan sebelumnya. Jadi ciptakan saja pertengkaran, masalah yang muncul secara tidak terduga atau perselingkuhan (yang lagi marak) dengan tokoh-tokoh, tempat-tempat dan suasana-suasana yang sudah kamu siapkan di atas.

Semakin lama konflik semakin memanas dan akhirnya permasalahan-permasalahan itu sampai pada puncaknya. Dan jika permasalahn sudah matang, dalam artian pemirsa telah paham akan semua maksud cerita konflik kamu, maka waktunyalah cerita ini kamu angkat dari panasnya penggorengan.


Ke-tiga. Penyajian.
Hmmm.... . .  .  Inilah bagian yang paling ditunggu. Penyajian hidangan. Setelah memasak, kita akan menghidangkan masakan itu di suatu tempat yang menarik dan bagi pembaca resep atau penonton acara masak-memasak, kini mereka paham sepaham-pahamnya, inilah hasil yang di dapat atas semua proses yang telah diinstruksikan. Maka di dalam menulis cerita, setelah pembaca terbelit-belit dan terombang-ambing dalam alur cerita yang kita buat, inilah saatnya kita jelaskan bahwa seluruh adegan-adegan yang telah kita tuliskan ini memang bermuara ke satu pemahaman cerita hingga pembaca bisa meyakinkan akan kesimpulannya sendiri pada cerita kita.


Oke, sampai disini dulu teknik pemahaman menulis cerita dan menulis resp makanan. Bila ada yang salah, mohon maaf ya.. Trims. Go write....

Related Posts:

0 Response to "Menulis Cerita Seperti Menulis Resep Makanan Part.2"

Baca Juga Artikel Lainnya