RSS

Pengertian Cerita, Cerpen, Novel, Drama dan Langkah-langkah Menulis Part.1


Definisi Cerita yang akan saya tulis di sini adalah pengertian cerita hasil dari pemikiran saya sendiri yang tidak berdasar pada definisi-definisi yang telah ada sebelumnya. Kalaupun ada persamaan atau kemiripan nantinya, itu hanya kebetulan saja.

Beberapa hari yang lalu, sambil ngaji sih sempat ngoret-oret buku acak aja (Santri gak bakat nih) (Gak apa-apa, yang penting masih usaha ngaji). Dari grafik-grafik yang asal-asalan dan semrawut itu, tercetuslah definisi cerita sebagai berikut.


Cerita adalah kehadiran seorang tokoh atau beberapa tokoh ke dalam kesatuan kejadian.

Di sini ada dua unsur,
1. Tokoh adalah sosok yang menjadi pemeran utama dalam cerita kita.
2. Kesatuan Kejadian adalah satu kejadian, atau lebih dari satu kejadian yang terhubung runtun secara logis hingga menjadi satu-kesatuan. Jadi perlu logika kita untuk meruntunkan kejadian. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan alur atau plot.

Jadi, bagi anda yang mungkin masih pemula sekali dalam keahlian Menulis Cerita, Menulis Cerpen atau Menulis Novel harus menyiapkan kedua unsur di atas untuk langkah pertama Menulis.

Pertama, siapkan tokoh. Sebagai contoh ambil saja nama "Budi"
Ke-dua, siapkan kejadian. Sebagai contoh ambil saja kejadian "terjatuh dari sepedah"

Hasilnya : Budi terjatuh dari sepedah motor milik ayahnya.

Ini sudah jadi cerita lho. Sudah ada Kesatuan Kejadian (Ya iya lah. Orang kejadiannya juga cuma satu, terang aja jadi kesatuan) (Sabar buuk,, dilanjut dulu yukk..), sudah ada Tokoh juga yang hadir di Kesatuan Kejadian itu. Sudah memenuhi syarat.

Nah kalau yang kesatuan kejadian dari kejadian-kejadian yang berjumlah lebih dari satu gimana?? (Bingung banget sih penjelasannya? Yang lebih sederhana gitu napa?) (Oke, gini aja)

Nah, yang barusan kan contoh cerita yang terbentuk dari satu kejadian, kalau yang terbentuk dari beberapa kejadian gimana? Biar lebih jelas tentang keterangan "Kesatuan Kejadian" tadi itu lho..


Ok, Kita lanjut di Postingan Berikutnya. Klik Di Sini.

(Langsung di sini aja deh Boi, ribet amat pake pindah) (Kepanjangan buk, nggak ikut ngetik bawel aja) (#Jitak)


0 Responses to "Pengertian Cerita, Cerpen, Novel, Drama dan Langkah-langkah Menulis Part.1"

Bagi tulisan ini untuk sobat-sobat online kamu

 

Follower

Anda Pengunjung ke

qb Group

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors