Menulis Cerita Seperti Menulis Resep Makanan Part.1

Kali ini saya akan menjelaskan cara menulis cerita dengan metode menulis resep makanan. Pernah terbayangkan tidak kalau menulis cerita itu seperti juga ketika kita menulis resep makanan? yes.. Seperti itu mudahnya. (G nyambung kali mas, cerita novel sama resep makanan. Ada-ada aja).

Untuk menjelaskannya lebih sederhana, saya akan membagi tulisan keterangan ini menjadi tiga bagian. Mempersiapkan bahan, Memasak, dan Teknik Penghidangan sebagai penutup. (Wah!! Bener-bener nih mas-nya ngaco abis. Mau nulis novel, tapi nanti bukannya jadi buku novel malah jadi sepiring nasi goreng sambal balado nih kalau ngikutin ilmunya mas ini).

Pertama. Penyiapan Bahan Masakan
Dalam acara masak-memasak maupun di dalam buku-buku resep makanan yang dijual di pinggir-pinggir jalan maupun yang berada di etalase-etalase toko, petunjuk pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan diolah. Nah, dalam kepenulisan prosa juga banyak penulis senior yang menjelaskan bahan-bahan ceritanya di awal buku karya mereka yang tebal-tebal itu. (Maksutnya apa sih nih orang. Gak banget deh ah!!!)

Dalam teori plot, disebutkan bahwa alur maju sebuah cerita diawali dengan pengenalan tokoh, suasana dan warna cerita. Dilanjutkan dengan munculnya permasalahan, klimaks, lalu anti klimaks, dan terakhir penyelesaian.

Jadi di awal cerita kita akan mengenalkan tokoh-tokoh kita lengkap beserta karakter fisik maupun psikis masing-masing. Kita juga harus menceritakan dimana saja mereka tinggal, apa saja yang biasa mereka kerjakan, dan bagaimana cara kita menyampaikan cerita ini, apakah sebagai orang pertama tokoh utama, atau sebagai orang pertama tokoh ke-dua dan masih ada banyak kemungkinan cara kita menempatkan diri dalam sebuah cerita yang tentunya, dalam mengenalkan tokoh-tokoh dan tempat-tempat tadi kita harus pergunakan bahasa bercerita yang indah dengan diksi dan deskripsi yang memancing imajinasi pembaca. Di sini nanti letak perbedaan resep masakan dan novel.

Jika dalam menulis resep makanan kita akan memperkenalkan bahan-bahan masakan yang akan kita butuhkan untuk memasak resep tersebut, maka dalam menulis cerita, awalnya kita akan mengenalkan bahan-bahan cerita kita yang berupa tokoh-tokoh, tempat-tempat dan bahkan posisi kita sebagai penulis yang nantinya akan kita olah menjadi jalinan cerita yang asik. (Ow gitu yah.. Baru aja aku paham.. hihiiii Bagus juga, kelihatannya asik. Ternyata menulis cerita sesederhana itu)


Ke-dua. Memasak.
Bersambung ke sini yah..  :)

Related Posts:

0 Response to "Menulis Cerita Seperti Menulis Resep Makanan Part.1"

Baca Juga Artikel Lainnya