Rahasia Menjadi Penulis Hebat. Awal Belajar Khusus untuk Penulis Pemula

"Setelah Membaca postingan yang sebelum ini jadi semangat nih pengen belajar menulis. Bagaimana nih mas memulainya? Ada tips apa tidak buat kita-kita yang masih pemula ini?"

Mau memulainya? Langsung mulai aja. Mau mulai menulis atau mulai membaca, terserah. Yang penting silahkan mulai sekarang juga dan jangan OMDO (Omong Doang).

Untuk tips, nih, dikasih bonusan untuk melatih menulis bagi para pemula.

Pertama, temukan ide cerita. Kamu buat cerita tentang apa? Ini nanti berhubungan dengan konsep cerita. Jadi mau buat yang seru-seru petualangan begitu apa yang yang sedih-sedih anak tiri atau malah yang membuat hati pembaca menjadi galau dengan tema cinta yang rumit. Pilih saja sendiri.

Latihan awalnya, silahkan membuat potongan-potongan kalimat yang saling bertautan. Misal, mau buat yang sedih-sedih mengiris hati.

Kalimat-1 Budi masih saja mengais-ngais tong sampah bercat biru itu.
Kalimat-2 Tak dipedulikannya teriakan teman-temannya yang memperingatkannya, di tong sampah yang itu tidak pernah ada sampah yang bisa diambil.
Kalimat-3 Masih terngiang-ngiang di telinganya umpatan setan dari bapak tirinya.
Kalimat-4 Dulu, ketika ibu masih hidup, ayah tirinya tidak seperti itu.
KAlimat-5 Tapi sekarang semua berbeda, bahkan dia diusir dari rumahnya dua minggu yang lalu.

Kalimat-6 Sudah ini saja. Kalau minat, silahkan diteruskan, sendirian.
Noohh.... Kalimat-kalimat itu kalau disatukan jadi satu paragaraf sudah bisa jadi cerita kan? ya kan? ya kan?

Ke-dua, alur. Mulai belajarlah untuk menautkan suatu kejadian dengan kejadian yang lain. Suatu waktu dengan waktu yang lain. Suatu tempat dengan tepat yang lain. Dan, seseorang dengan orang yang lain.

Kecelakaan mobil dan toko komputer tempat kita bekerja (dalam cerita ini ceritanya) yang saling berjauhan juga bisa ditautkan.

"Contohnya mas?"
Silahkan belajar untuk menautkannya sendiri sesuai imajinasi kamu. Buat kejadian-kejadian, waktu-waktu, tempat-tempat, dan orang-orang (Kamu tidak harus menggunakan semua sekaligus) yang bisa mempertemukan Mobil dan Toko Komputer.
"Kasih contoh dong mas.. Imajinasi saya masih kurang nih, jadi belum bisa"
Artinya kamu kurang membaca.

Bacalah!..

Related Posts:

0 Response to "Rahasia Menjadi Penulis Hebat. Awal Belajar Khusus untuk Penulis Pemula"

Baca Juga Artikel Lainnya